Metode Penyimpanan Proyektor

CIA | Bagi Sahabat yang memiliki proyektor namun belum tahu tentang metode penyimpanan proyektor yang benar dan tepat tak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara menyimpan proyektor yang tepat agar perangkat tersebut tidak mudah rusak akibat kesalahan yang dilakukan baik sengaja maupun tak sengaja dalam penyimpanannya.

Proyektor merupakan sebuah alat bantu yang banyak digunakan sebagai media presentasi yang mampu menampilkan gambar atau tulisan ke dalam layar datar seperti tembok, screen dan lain sebagainya. Adapun tujuan utama dari penggunaan proyektor yaitu agar para audience lebih mudah mengerti apa-apa saja yang disampaikan oleh presenter.

Proyektor biasa digunakan pada sekolah, kampus, kantor, atau tempat presentasi lainnya. Melihat begitu pentingnya fungsi proyektor, tak heran jika memiliki proyektor merupakan sebuah investasi tersendiri. Oleh sebab itu jika Sahabat menginginkan proyektor awet dalam jangka waktu yang lama maka Sahabat harus mengetahui bagaimana metode penyimpanan proyektor yang tepat.

Jauhkan Proyektor dari Tempat yang Panas
Ada beberapa cara yang Sahabat bisa lakukan untuk merawat proyektor, namun salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan memberi perhatian bagaimana metode penyimpanan proyektor setelah perangkat tersebut selesai Sahabat gunakan. Jangan pernah menganggap remeh hal ini, karena jika Sahabat melakukannya akan dapat membantu memperpanjang usia proyektor.

Setelah pemakaian proyektor, usahakan Sahabat menyimpannya ditempat yang jauh dari sumber panas atau tempat yang memungkinkan proyektor terkena paparan sinar matahari langsung. Mengapa demikian? Hal tersebut dilakukan karena suhu yang panas akan dapat meningkatkan suhu proyektor akibatnya komponen-komponen proyektor akan berisiko terhadap kerusakan.

Oleh karena itu untuk dapat mencegah kerusakan pada komponen-komponen proyektor sebaiknya Sahabat menyimpan proyektor yang telah digunakan pada tempat yang suhunya tidak terlalu panas. Suhu yang disarankan untuk menyimpan proyektor yang benar dan tepat yaitu pada suhu sekitar 35oC. Selain itu pastikan bahwa pada sekeliling tempat menyimpan proyektor dalam keadaan aman seperti jauh dari jangkaua anak-anak.

Menyimpan Proyektor Tidak di Tempat yang Lembab
Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, proyektor juga membutuhkan lingkungn yang tepat baik saat penyimpanan saat pengoperasiannya maupun penyimpanan setelah selesai menggunakan perangkat tersebut. Hal tersebut memang terdengar remeh, namun jika Sahabat kurang memperhatikan metode penyimpanan proyektor maka jangan berharap proyektor yang Sahabat miliki akan awet.

Selain tidak meyimpan proyektor di tempat yang memiliki suhu tinggi dan kemungkinan dapat terpapar sinar matahari langsung, Sahabat juga sangat dianjurkan untuk menyimpan proyektor jauh dari tempat yang lembab dan basah. Jika Sahabat menyimpan proyetor di tempat yang lembab dan basah dikhawatirkan proyektor akan berjamur.

Oleh sebab itu selalu pastikan bahwa Sahabat telah menyimpan proyektor dengan sesuai untuk menghindari hal-hal negatif yang mungkin akan terjadi pada proyektor. Sangat disarankan sekali untuk menyimpan proyektor di dalam tas khusus proyektor karena akan melindungi proyektor dari guncangan atau hal lainnya yang mungkin dapat merusak proyektor. Tas tersebut biasanya diberikan pada saat pembelian.

Tidak Menyimpan Barang-barang di Dekat Ventilasi Proyektor
Metode penyimpanan proyektor pada saat pengoperasian juga sangat penting untuk Sahabat perhatikan. Jangan pernah Sahabat membiarkan barang apapun menghalangi celah-celah ventilasi proyektor. Karena celah-celah ventilasi proyektor tersebut dibuat bukan tanpa alasan melainkan sebagai media untuk menyalurkan suhu panas menuju keluar.

Didalam proyektor terdapat pula kipas yang digunakan untuk pendingin mesin proyektor yaitu dengan cara mengalirkan udara panas tadi keluar melalui celah-celah ventilasi proyektor. Lalu Sahabat bisa membayangkan bagaimana jika seandainya ventilasi tersebut terhalang oleh benda-benda bukan? Ya, udara panas tidak akan keluar dan terakumulasi di dalam sehingga akan menyebabkan panas yang tinggi pada mesin dan terjadi kerusakan.

Perawatan yang baik pada proyektor akan membuat proyektor memiliki usia yang panjang. Oleh sebab itu Sahabat harus selalu memperhatikan hal-hal yang terdengar remeh terutama dalam hal penyimpanan proyektor. Salah satu perawatan termudah yang bisa Sahabat lakukan yaitu dengan mengaplikasikan metode penyimpanan proyektor yang tepat seperti yang telah diinformasikan diatas.

Leave a Reply