Menghubungkan Proyektor dengan Smartphone

CIA | Sahabat tentunya sudah tidak asing dengan penggunaan proyektor dalam kegiatan sehari-hari. Proyektor lazimnya digunakan di kelas-kelas dalam kegiatan pembelajran sebagai media untuk memproyeksikan gambar atau video dari laptop atau komputer.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, proyektor saat ini juga bisa dihubungkan dengan smartphone ataupu tablet. Sahabat perlu memperhatikan beberapa hal penting untuk bisa melakukan hal ini, salah satunya memeriksa fitur yang menjadi syarat utama.

Prosedur Penyambungan
Jika sahabat ingin menghubungkan proyektor denganSmartphone atau tablet dengan proyektor, sahabat dapat menggunakan cara-cara berikut ini :

Menyambungkan proyektor dengan menggunakan kabel HDMI atau Micro HDMI. Dengan kata lain, konektivitas ini dilakukan dengan menggunakan jaringan kabel. Cara ini merupakan cara yung paling mudah dilakukan, namun bersama dengan itu cara ini juga membutuhkan fitur yang mendukung. Sahabat harus memastikan bahwa smartphone yang ingin dihubungkan sudah mendukung fitur ini. Cara menggunakannya cukup dengan menghubungkan kabel MHL/Micro HDMI dari smartphone atau tablet kemudian ke port tang ada pada proyektor. Bahkan penyambungan tidak hanya bisa dilakukan ke proyektor, melainkan juga ke TV. Namun, lagi-lagi yang perlu diperhatikan adalah fitur pada TV juga harus mendukung.
Menyambungkan kabel MHL dengan tujuan merubah port Micro USB menjadi HDMI. Cara ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan cara pertama, hanya saja ada perangkat tambahan yang dibutuhkan untuk melakukan cara ini, yaitu konektor pengubah port Micro USB dengan HDMI.
Menyambungkan proyektor dengan menggunakan Converter Micro USB to Ekternal Display. Cara ini umumnya juga tidak jauh berbeda dengan cara kedua, hanya saja cara ini membutuhkan perangkat tambahan, yaitu converter Micro USB ke Eksternal Display.
Penyambungan dengan menggunakan Mirecast.
*** CIA ***

Cara penyambungan ini juga terbilang sangat mudah, apalagi fungsinya juga sangat mendukung kegiatan yang ingin sahabat lakukan. Cara ini juga terbilang modern karena dalam penerapannya cara ini sudah tidak lagi menggunakan jaringan kabel. Dalam penerapannya, sahabat bisa langsung memasang alat receiver Dongle Wifi HDMI pada TV atau Proyektor. Sementara itu, pada smartphone atau tablet yang ada pada genggaman, sahabat hanya perlu menginstall aplikasi miracast sesuai tipenya.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menghubungkan Proyektor dengan Smartphone
Berdasarkan cara-cara diatas, sahabat tentunya harus memperhatikan bahwa smartphone yang ingin dihubungkan support dengan HDMI/Micro HDMI dan juga kabel MHL. Namun, apabila sahabat berencana menghubungkan proyektor dengan jaringan nirkabel, ada beberapa syarat lain yang harus diperhatikan.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika sahabat dapat menghubungkan proyektor dengan smartphone dalam dalam satu kegiatan presentasi. Dari berbagai keuntungan itu yang paling menonjol adalah mobilitas sahabat yang menjadi lebih bebas karena tidak harus terpaku didepan laptop.

Selain itu, presentasi dengan menggunakan smartphone juga terbilang praktis, karena kita akan sangat terbantu dengan bobot smartphone yang tergolong ringan jika dibandingkan dengan laptop. Beberapa smartphone umumnya juga akan membuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik dengan berbagai fitur yang ada pada smartphone, misalnya fitur untuk langsung memberikan catatan saat presentasi berlangsung dengan menggunakan sticky notes. Kelebihan lainnya adalah saat kita ingin melakukan zoom in / zoom out pada materi tertentu yang ingin kita perlihatkan lebih dekat kepada peserta. Selain kelebihan-kelebihan itu tentunya ada banyak hal lagi yang menjadi keunggulan.

Mungkin sampai disini informasi yang bisa kami sampaikan terkait penyambungan Proyektor dengan smartphone atau tablet. Semoga setelah membaca sahabat bisa mendapatkan suatu pengetahuan baru ya.

Leave a Reply