Meeting Anda Selalu Membosankan? Coba Cara Berikut Ini

Sewa Proyektor dan Rental Proyektor Berkualitas dan Terpercaya | 0821-3440-5628 |

Meeting Anda Selalu Membosankan? Coba Cara Berikut Ini

Maret 4, 2020 Tips Uncategorized 0

Apa yang membuat anda merasa bosan dan jenuh saat di kantor? Pasti salah satunya adalah kegiatan rapat atau meeting. Kadang kita merasa kesal saat memperoleh undangan meeting dikarenakan suasana yang cukup serius sehingga membuat mood terkadang menjadi kurang baik. Belum lagi jika meeting yang kita lakukan itu-itu saja, sehingga kesan monoton membuat kebosanan yang tidak terelakan lagi.

Jika tidak ada jadwal meeting, seharusnya anda dapat menyelesaikan pekerjaan anda yang terus menumpuk setiap harinya bukan? Namun dengan adanya meeting, waktu berharga kita jadi terbuang. Meskipun sebenarnya meeting juga diperlukan guna evaluasi dan pengembangan yang jauh lebih baik lagi. Bukan hanya untuk perusahaan saja. Meeting juga berdampak besar kepada para karyawannya. Lantas, bagaimana agar meeting yang kita lakukan tidak menjadi momok mengerikan dan jauh dari kesan serius atau kaku?

Pentingnya Meeting yang Selalu Dihindari

Sebagai tenaga kerja yang baik, meeting memang menjadi salah satu bagian yang sangat penting dari sekian banyak rangkaian kegiatan perkantoran. Dengan adanya meeting, kita menjadi tahu bagaimana track record kinerja dan pencapaian selama kurun waktu kebelakang. Dan dengan adanya meeting, kita juga dapat menyalurkan ide, kreatifitas, serta saran membangun bagi perusahaan yang mana meeting ini dapat menjadi lahan partisipasi aktif seluruh anggota.

Jika kita enggan untuk menghadiri meeting, maka atasan akan meragukan komitmen anda bekerja di perusahaan tersebut. Karena meeting, merupakan bagian terpenting keberhasilan suatu perusahaan. Yang mana keberhasilana bukan hanya diukur dari seberapa besar profit yang didapatkan, melainkan juga kekompakan antar pekerja dan atasan.

Meeting, juga dapat menjadi lahan pendekatan emosional antara karyawan dengan atasan. Sehingga diantara keduanya, tidak ada pembatas yang terlalu ketara. Dengan hal ini, atasan akan lebih mengetahui apa yang di pikirkan karyawannya, apa yang dibutuhkan oleh mereka. Jadi, alangkah lebih baik untuk tidak menghindari kegiatan meeting di kantor anda. Demi terciptanya sinergi yang positif dalam lingkungan perusahaan dimana anda bekerja.

Lalu, Bagaimana Agar Meeting Tidak Terkesan Membosankan ?

Sebenarnya meeting tidak harus selalu dilaksanakan di dalam ruangan kantor. Lingkungan kantor terkadang membuat suasana menjadi membosankan. Perlu sesekali untuk mencari tempat meeting yang berbeda, yang mana dapat memberikan kesan meeting yang menyenangkan.

Tentu hal ini juga dapat mendorong para pekerja untuk hadir ke dalam meeting tersebut, sembari menikmati suasana kerja di luar kantor. Meeting di ruang terbuka (outdoor) dapat menjadi pilihan terbaik untuk menghindari kebosanan dan kejenuhan.

Dengan kunjungan di tempat-tempat terbuka seperti café, kedai kopi, atau tempat outdoor lainnya, diharapkan dapat menumbuhkan ide-ide kreatif yang mana dapat memberikan dampak baik terhadap keberlangsungan perusahaan. Terkadang, kungkungan ruangan membuat otak sulit untuk mendapatkan inspirasi maupun ide-ide brilliant. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi baru dalam kegiatan meeting di kantor anda, salah satunya adalah penggunaan outdoor sebagai pengganti ruang meeting anda.

Suasana Baru dapat Menumbuhkan Ide Baru

Meeting di luar kantor, juga dapat memberikan suasana baru bagi seluruh karyawan. Sehingga akan lebih fresh dalam mencetuskan ide ide yang kreatif untuk kepentingan kerja. Meeting dalam ruangan, dapat menjadi rutinitas yang sangat membosankan. Untuk rapat-rapat besar seperti  meeting pertengahan atau akhir tahun, anda dapat memilih lokasi di luar kantor sebagai bentuk penyegaran setelah begitu banyak pekerjaan yang anda lakukan.

Misalnya anda dapat memilih restoran yang mempunyai gaya klasik atau restoran dengan menu khas yang jarang dijumpai di tempat-tempat lainnya. Memang akan ada pengeluaran khusus, namun selama budget yang dikeluarkan masih wajar, hal ini tentu sah-sah saja untuk dilakukan.

Meeting diluar kantor bisa sangat menyenangkan. Apalagi kalau ruangan yang ada di restoran yang anda pilih cukup luas, sehingga dapat memberikan ruang gerak yang lebih baik.

Meminimalisisr Adanya Tekanan

Ada sebagian orang yang merasa tertekan saat berada di kantor. Meeting yang dilakukan di dalam kantor, justru dapat membuat beberapa orang tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal. Karena fokusnya terbagi antara meeting dan juga pekerjaan.

Saat melakukan meeting di luar kantor, anda dan juga tim anda justru dapat lebih fokus dan maksimal ketika memberikan ide dalam mengembangkan perusahaan. Selain itu, pikiran-pikiran negative akan kegaranan atasan anda, dapat sedikit teratasi karena suasana santai ini. Selain bekerja, meeting ini sekaligus membawa anda pada liburan yang tidak terduga-duga.

Santai dan Bebas

Meskipun meeting dilakukan di luar ruangan kantor, bukan berarti membuat pekerjaan kita menjadi terbengkalai ya. Anda tetap harus menyelesaikan pekerjaan anda dengan sebaik-baiknya. Rapat diluar kantor, merupakan bekerja dengan lingkungan yang berbeda. Bukan lari dari pekerjaan dan juga tanggung jawab.

Hal ini diharapkan dapat membuat anda dan juga tim, merasa lebih santai dan bebas dari tekanan pekerjaan. Dengan begitu, anda dapat lebih fokus saat meeting berlangsung. Anda juga bisa melihat pemandangan yang lain dari biasanya, dengan begitu kenyamanan bisa lebih terasa.

Membangun Relasi yang Lebih Intens

Suasana ini akan memudahkan bagi atasan dalam membangun kinerja tim yang solid. Pembangunan karakter antar tim sangat diperlukan guna pencapaian kinerja yang lebih maksimal. Dimana setiap pekerjaan dilakukan dengan kerjasama tim. Tanpa adanya kerjasama tim yang baik, mustahil pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu dan dengan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan anatar individu dalam perusahaan agar tercipta team work yang solid.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *